Background

ANALISIS GAME PACMAN

Pacman adalah video game yang ber genre arcade, yaitu game "just for fun" atau untuk kejar-mengejar point/highscore. Cara bermainnya mudah, yaitu pemain harus mengontrol tokoh berwarna kuning bernama Pac-Man dan membawanya mengelilingi lorong berlika-liku sambil "memakan" titik-titik kecil, titik besar dan benda khusus. Pada saat yang sama, terdapat empat "hantu" yang berkeliling di lorong tersebut yang bertugas menangkap Pac-Man.Jika pemain bertemu dengan “hantu” maka pemain dinyatakan gagal. Dalam satu sesi permainan pemain memiliki 3 kesempatan gagal. Pemain juga dapat mengalahkan hantu tersebut dengan memakan sebuah bulatan besar (energizer) yang hanya terdapat beberapa saja. Jika pemain memakan energizer tersebut, maka para hantu akan ketakutan dan otomatis menjauh dari Pac-Man. Ketika Pac-Man memakan “hantu” maka pemain akan mendapat bonus yang besar. Tapi ketika para hantu dimakan, mereka tidak akan mati begitu saja, mereka akan muncul lagi pada kotak yang berada ditengah-tengah(posisi semula) dan juga kembali mengejar Pac-Man .  Sang pemain dapat menyelesaikan satu level (tingkat) jika berhasil memakan seluruh titik dan benda khusus.   


Rumah Hantu

Ketika permainan dimulai, Pac-Man tidak langsung dikejar oleh keempat hantu dan hanya terdapat satu hantu yang berada diluar kotak kecil ditengah-tengah labirin yang disebut rumah hantu.  Ketika hantu dimakan oleh Pac-Man dan ketika Pac-Man mati, hantu akan muncul lagi dari rumah hantu tersebut. Rumah hantu tidak bisa dijangkau oleh Pac-Man, dan hantu tidak bisa kembali masuk ke area rumah hantu ketika sudah keluar dari rumah hantu tersebut.

Mode Gerakan Hantu

Pada hantu diterapkan kecerdasan buatan yang digunakan ketika mengambil keputusan dalam menentukan arah dengan tujuan menangkan Pac-Man. Setiap hantu memiliki pemikiran yang berbeda-beda dan kemampuan bekerjasama dalam mengejar Pac-Man. Pada game Pac-Man ini dapat menggunakan algoritma greedy.

Mode pergerakan hantu selalu dalam salah satu dari tiga kemungkinan mode: Chase, Scatter, atau Frightened.

Keadaan normal ialah ketika mode hantu mengejar Pac-Man. Dan ini merupakan mode yang paling sering dilakukan. Dalam mode Chase, semua hantu menjadikan posisi Pac-Man sebagai target mereka. Ketik terjadi  pengejaran Pac-Man, sebaiknya kita memberikan prioritas berbeda-beda pada masing-masing musuh, karena setiap hantu memiliki karakter yang berbeda-beda maka akan berbeda langkah  para “hantu” dalam mengejar Pac-Man.

Dalam mode Scatter, setiap hantu memiliki ubin sasaran tetap, yang masing-masing terletak di luar sudut yang berbeda dari labirin. Hal ini menyebabkan empat hantu  membubarkan diri ke sudut-sudut setiap kali mereka berada dalam mode ini.

Pada mode Frightened hantu tidak memiliki target khusus. Sebaliknya, mereka dengan acak memutuskan targetnya. Pada mode ini, hantu akan berubah menjadi berwarna biru gelap, bergerak lebih lambat dan dapat dimakan oleh Pac-Man. Namun, durasi mode ini semakin dipersingkat ketika level permainan semakin meningkat, dan benar-benar dihilangkan dari tingkat 19 dan seterusnya.

Karakter Hantu

Terdapat 4 hantu dengan karakter yang berbeda-beda, yaitu:
  1. SHADOW "BLINKY"
    Hantu yang berwarna merah atau yang disebut sebagai “Blinky” ini yang pertama berada di luar rumah hantu ketika permainan sudah dimulai. Biasanya dia yang pertama harus diliat sebagai ancaman karena karakternya yang hampir selalu mengikuti tepat dibelakang Pac-Man. Kecepatan Blinky mampu meningkat sebesar 5%
  2. SPEEDY "PINKY"
    Hantu yang berwarna merah muda atau yang disebut “Pinky” ini berada didalam rumah hantu ketika permainan dimulai tapi akan keluar segera. Karakter Pinky digambarkan sebagai sicepat.  Pinky bergerak lebih lambat dari Blinky. Rencana targetnya adalah perkiraan dimana posisi Pac-Man akan menempati.
     
  3. BASHFUL "INKY"
    Hantu biru yang biasa disebut “Inky” ini tetap berada dalam rumah hantu untuk waktu singkat pada tingkat pertama. Inky akan bergabung dengan hantu-hantu yang lain dalam pengejaran sampai Pac-Man telah berhasil memakan 30 titik-titik. Deskripsi kepribadian dalam bahasa inggrisnya adalah malu-malu.

  4. POKEY "CLYDE"
    Hantu yang berwarna oranye ini adalah hatu yang terakhir meninggalkan rumah hantu. Biasa disebut sebagai “Clyde”. Pada tingkat pertama Clyde hanya akan keluar ketika lebih dari sepertiga dari titik-titik telah dimakan oleh Pac-Man. Deskripsi karakteristiknya adalah muslihat, alias pura pura tidak ketahuan
kondisi awal ketika game dimulai

Mode Chase

Mode Scatter

Mode Frightened

karakter hantu


daftar pustaka:
http://gameinternals.com/post/2072558330/understanding-pac-man-ghost-behavior

Categories: Share

Leave a Reply