ANALISIS GAME PACMAN
Pacman adalah video game yang ber
genre arcade, yaitu game "just for fun" atau untuk kejar-mengejar
point/highscore. Cara bermainnya mudah, yaitu pemain harus mengontrol
tokoh berwarna kuning bernama Pac-Man dan membawanya mengelilingi lorong
berlika-liku sambil "memakan" titik-titik kecil, titik besar dan
benda khusus. Pada saat yang sama, terdapat empat "hantu" yang
berkeliling di lorong tersebut yang bertugas menangkap Pac-Man.Jika pemain
bertemu dengan “hantu” maka pemain dinyatakan gagal. Dalam satu sesi permainan
pemain memiliki 3 kesempatan gagal. Pemain juga dapat mengalahkan hantu
tersebut dengan memakan sebuah bulatan besar (energizer) yang hanya terdapat
beberapa saja. Jika pemain memakan energizer tersebut, maka para hantu akan
ketakutan dan otomatis menjauh dari Pac-Man. Ketika Pac-Man memakan “hantu”
maka pemain akan mendapat bonus yang besar. Tapi ketika para hantu dimakan,
mereka tidak akan mati begitu saja, mereka akan muncul lagi pada kotak yang
berada ditengah-tengah(posisi semula) dan juga kembali mengejar Pac-Man .
Sang pemain dapat menyelesaikan satu level (tingkat) jika berhasil
memakan seluruh titik dan benda khusus.
Rumah Hantu
Ketika permainan dimulai, Pac-Man tidak langsung dikejar
oleh keempat hantu dan hanya terdapat satu hantu yang berada diluar kotak kecil
ditengah-tengah labirin yang disebut rumah hantu. Ketika hantu dimakan oleh Pac-Man dan ketika
Pac-Man mati, hantu akan muncul lagi dari rumah hantu tersebut. Rumah hantu
tidak bisa dijangkau oleh Pac-Man, dan hantu tidak bisa kembali masuk ke area
rumah hantu ketika sudah keluar dari rumah hantu tersebut.
Mode
Gerakan Hantu
Mode pergerakan hantu selalu dalam salah satu dari tiga
kemungkinan mode: Chase, Scatter, atau Frightened.
Keadaan normal ialah ketika mode hantu mengejar Pac-Man. Dan
ini merupakan mode yang paling sering dilakukan. Dalam mode Chase, semua hantu
menjadikan posisi Pac-Man sebagai target mereka. Ketik terjadi pengejaran Pac-Man, sebaiknya kita memberikan
prioritas berbeda-beda pada masing-masing musuh, karena setiap hantu memiliki
karakter yang berbeda-beda maka akan berbeda langkah para “hantu” dalam mengejar Pac-Man.
Dalam mode Scatter, setiap hantu memiliki ubin sasaran
tetap, yang masing-masing terletak di luar sudut yang berbeda dari labirin. Hal
ini menyebabkan empat hantu membubarkan
diri ke sudut-sudut setiap kali mereka berada dalam mode ini.
Pada mode Frightened hantu tidak memiliki target khusus.
Sebaliknya, mereka dengan acak memutuskan targetnya. Pada mode ini, hantu akan
berubah menjadi berwarna biru gelap, bergerak lebih lambat dan dapat dimakan
oleh Pac-Man. Namun, durasi mode ini semakin dipersingkat ketika level
permainan semakin meningkat, dan benar-benar dihilangkan dari tingkat 19 dan
seterusnya.
Karakter
Hantu
Terdapat 4 hantu dengan karakter yang berbeda-beda, yaitu:
- SHADOW "BLINKY"
Hantu yang berwarna merah atau yang disebut sebagai “Blinky” ini yang pertama berada di luar rumah hantu ketika permainan sudah dimulai. Biasanya dia yang pertama harus diliat sebagai ancaman karena karakternya yang hampir selalu mengikuti tepat dibelakang Pac-Man. Kecepatan Blinky mampu meningkat sebesar 5% - SPEEDY "PINKY"
Hantu yang berwarna merah muda atau yang disebut “Pinky” ini berada didalam rumah hantu ketika permainan dimulai tapi akan keluar segera. Karakter Pinky digambarkan sebagai sicepat. Pinky bergerak lebih lambat dari Blinky. Rencana targetnya adalah perkiraan dimana posisi Pac-Man akan menempati.
- BASHFUL "INKY"Hantu biru yang biasa disebut “Inky” ini tetap berada dalam rumah hantu untuk waktu singkat pada tingkat pertama. Inky akan bergabung dengan hantu-hantu yang lain dalam pengejaran sampai Pac-Man telah berhasil memakan 30 titik-titik. Deskripsi kepribadian dalam bahasa inggrisnya adalah malu-malu.
- POKEY "CLYDE"Hantu yang berwarna oranye ini adalah hatu yang terakhir meninggalkan rumah hantu. Biasa disebut sebagai “Clyde”. Pada tingkat pertama Clyde hanya akan keluar ketika lebih dari sepertiga dari titik-titik telah dimakan oleh Pac-Man. Deskripsi karakteristiknya adalah muslihat, alias pura pura tidak ketahuan
kondisi awal ketika game dimulai |
Mode Chase |
Mode Scatter |
Mode Frightened |
karakter hantu
daftar pustaka:
http://gameinternals.com/post/2072558330/understanding-pac-man-ghost-behavior |